PON 2024

NEWS

18 Pemanah Aceh Siap Persembahkan Medali pada Cabor Panahan PON XXI 2024

Senin, 9 September 2024 | 14:18 WIB

18 Pemanah Aceh mendengarkan arahan dari pelatih usai menjalani latihan bersama dan uji lapangan di lapangan panahan komplek Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, baru-baru ini. Foto. Humas Perpani Aceh.
Banda Aceh – Sebanyak 18 pemanah Aceh siap tampil maksimal untuk meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh – Sumatera Utara yang mulai diperlombakan di lapangan panahan Komplek Stadion Harapan Bangsa, Selasa (10/9/2024).
Ke-18 atlet panahan Aceh yang akan tampil di PON XXI terdiri 9 putra dan 9 putri. Pemanah putra yaitu Mohammad Mondir, Khairi Ikhsan, Muhammad Mirza Luthfi akan turun di divisi compound. Marwan, Sayuti, Ahmad Farhan J (recurve), Dion Rifqi, Rizky Maulidin Akbar, Mursyidan Zhafiri di divisi ronde nasional.
Pemanah putri yaitu Munawarah, Salsabila Mutiara Riga, Anita yang akan tampil di divisi compound. Lili Safrina, Irma Wulandari, Caecylia Aprilli C di divisi recurve. Karmila Indria Putri, Rifaya Nailah, Rihadatul Ais akan turun di ronde nasional.
Ketua Umum Pengurus Provinsi Perkumpulan Panahan Indonesia (Pengprov) Aceh, Prof Dr Nyak Amir, M.Pd, mengatakan, para atlet Panahan Aceh tersebut telah menjalani pembinaan yang intensif selama hampir tiga tahun atau usai PON XX/2021 Papua melalui pemusatan latihan daerah (Pelatda) yang dilaksanakan KONI Aceh, Pengprov dan Pengkab Perpani Kabupaten/Kota.
"Para pemanah Aceh yang akan tampil berlomba di lapangan yang menjadi tempat berlatih selama ini dan di hadapan publik sendiri makin menguatkan motivasi dan tekad serta semangat membara untuk mempersembahkan medali emas bagi Kontingen Aceh," ujarnya kepada Minggu (8/9) pagi di Lapangan Panahan Komplek Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.
Selain itu juga, katanya, proses rekrutmen atlet yang sangat ketat dan dilakukan bertahap, sehingga mendapatkan atlet potensial dan berkualitas menjalani pembinaan sebagai atlet PON di pemusatan latihan dan siap bersaing meraih medali emas di PON XXI.
“Karena itu, para atlet kita sudah sangat siap untuk bersaing di PON XXI. Saat ini atlet kita konsentrasi penuh menghadapi lomba,” ujar Nyak Amir.
“Target kita berusaha semaksimal mungkin minimal bisa meraih dua medali emas seperti yang ditargetkan KONI Aceh terhadap cabang olahraga panahan ini,” tambah profesor olahraga itu.
Atlet tim panahan Aceh dalam menjalani pemusatan selama ini dan berlomba di PON ditangani tiga pelatih yaitu Gagarudi, M.Pd, Irwansyah, SE dan M.Luthfi.
Seperti diketahui, panahan merupakan suatu cabang olahraga andalan bagi Kontingen Aceh meraih medali emas pada multi event olahraga empat tahunan di tanah air ini.
Sesuai jadwal kegiatan panahan PON XXI, para atlet panahan Aceh sudah mulai melakukan practice atau latihan bersama, simulasi perlombaan dan uji lapangan di lapangan panahan komplek Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya Banda Aceh, Minggu (8/9/2024) pagi.
Practice dilanjutkan, Senin (9/9/2024) pagi, untuk divisi recurve dan ronde nasional, lalu teknical metting, dilakukan 209 atlet dari 32 provinsi.
Sedangkan perlombaan dimulai, Selasa (10/9/2024), diawali warming up session atau tembakan percobaan mulai pukul 09.00 hingga 09.45 WIB, lanjut perlombaan kualifikasi divisi recurve putra sesi 1 dimulai pukul 11.00 WIB.
Perlombaan panahan PON XXI akan berakhir, 19 September 2024. Cabor ini memperlombakan divisi recurve, compound dan ronde nasional kategori putra – putri. Memperebutkan 19 medali emas, 19 medali perak dan 19 medali perunggu