PON 2024

NEWS

Menpora Apresiasi Antusiasme Suporter di Venue PON XXI Aceh-Sumut 2024

Senin, 9 September 2024 | 22:36 WIB

Menpora Apresiasi Antusiasme Suporter di Venue PON XXI Aceh-Sumut 2024

PON XXI - Banda Aceh - Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, memberikan apresiasi atas antusiasme tinggi para suporter yang memenuhi seluruh venue PON XXI Aceh-Sumatra Utara 2024. Berdasarkan laporan yang diterima, hampir semua pertandingan, terutama di kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, selalu dipadati penonton.

"Suporter di setiap venue, termasuk dayung, sangat luar biasa. Ini menunjukkan euforia olahraga yang semakin tinggi," ujar Menpora Dito dalam konferensi pers di Media Center PON XXI, Minggu (8/09/2024).

Ia juga mengaitkan tingginya antusiasme ini dengan pencapaian atlet Indonesia di Olimpiade dan Paralimpiade 2024.

Tak hanya itu, Penjabat Gubernur Aceh, Safrizal ZA, menambahkan bahwa PON XXI juga berdampak positif bagi perekonomian daerah. Tingginya kunjungan wisatawan ke Aceh menyebabkan lonjakan permintaan penginapan dan penerbangan.

“Sehingga, pelaku UMKM lokal mendapatkan banyak keuntungan dari stan yang disediakan di setiap venue, serta konsumsi atlet yang menggunakan produk lokal Aceh,” tambahnya.

Oleh karena itu, Safrizal berkomitmen untuk memanfaatkan venue PON setelah acara berakhir agar terus memberikan dampak positif bagi olahraga dan ekonomi Aceh.