PON 2024

NEWS

PON Aceh-Sumut 2024: Fokus pada Prestasi dan Pemanfaatan Venue Pasca Event

Senin, 9 September 2024 | 00:00 WIB

PON Aceh-Sumut 2024: Fokus pada Prestasi dan Pemanfaatan Venue Pasca Event
PON XXI - BANDA ACEH – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, menegaskan bahwa Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 harus memberikan dampak positif, baik dalam prestasi maupun ekonomi bagi daerah. Yang paling penting, menurut Dito, adalah bagaimana venue-venue yang telah direvitalisasi dan dibangun untuk PON dapat dimanfaatkan secara maksimal dan berkelanjutan setelah event selesai. 

“Pengeluaran dana APBN dan APBD yang telah digunakan untuk penyelenggaraan PON ini harus dilakukan secara transparan dan akuntabel agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari,” ujar Dito, usai konferensi pers di Media Center Utama wilayah Aceh di Hotel Hermes Aceh, Minggu malam (8/9/2024), dengan tema “PON XXI Aceh-Sumut 2024 untuk Indonesia Juara”.

Dito menyatakan bahwa pihaknya mendorong federasi olahraga dan pemerintah daerah di Aceh dan Sumut untuk mempersiapkan langkah-langkah guna mencari event-event olahraga selanjutnya. Selain itu, tambah dia, persiapan atlet telah dilakukan secara maksimal oleh seluruh provinsi.

“Beberapa waktu lalu, Kemenpora bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sejak akhir tahun 2023 hingga awal 2024 telah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh provinsi untuk wajib menyediakan anggaran bagi pengiriman dan pembinaan kontingen guna berpartisipasi dalam PON XXI Aceh-Sumut,” jelasnya.

Dito juga menekankan bahwa seluruh venue untuk pertandingan sudah 100 persen siap digunakan, meskipun beberapa fasilitas pendukung masih perlu diselesaikan. “Mungkin ada beberapa fasilitas pendukung yang akan segera diselesaikan, tetapi hal itu tidak mempengaruhi jalannya pertandingan. Jadi, untuk pertandingan dan penonton, semua sudah siap,” ungkapnya.

Ia juga menyoroti perbedaan dalam pembukaan PON kali ini. “Pembukaan di Aceh pasti akan berbeda, mengangkat budaya dan kultur Aceh serta menggabungkannya dengan teknologi modern dan ciri khas Nusantara kita. Pasti akan sangat kreatif dan menarik,” tambah Dito.

Lebih lanjut, Dito menegaskan komitmen pemerintah pusat dalam mendukung keberlangsungan PON XXI Aceh-Sumut 2024. “Kita akan terus mendukung upaya-upaya untuk memastikan kesuksesan penyelenggaraan ini, baik dari segi prestasi maupun ekonomi, serta memaksimalkan pemanfaatan venue-venue yang ada pasca PON,” pungkasnya.