PON 2024

NEWS

Menpora RI: Persiapan Atlet Seluruh Provinsi untuk PON XXI Aceh-Sumut Sudah Maksimal

Minggu, 8 September 2024 | 00:00 WIB

Menpora RI: Persiapan Atlet Seluruh Provinsi untuk PON XXI Aceh-Sumut Sudah Maksimal

BANDA ACEH – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo, menyatakan keyakinannya bahwa persiapan atlet dari seluruh provinsi untuk bertanding dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 sudah dilakukan secara maksimal.

PON XXI - Hal ini disampaikan Menpora saat konferensi pers di Media Center Utama wilayah Aceh yang bertema “PON XXI Aceh-Sumut 2024 untuk Indonesia Juara”, di Hotel Hermes Banda Aceh, Minggu malam (8/9/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Menpora Dito didampingi Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman, Penjabat Gubernur Aceh Safrizal ZA, dan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Surono.

Menurut Dito, Kemenpora bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sejak akhir 2023 hingga awal 2024 telah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh provinsi di Indonesia untuk menyediakan anggaran bagi pengiriman dan pembinaan kontingen yang akan berpartisipasi dalam PON XXI Aceh-Sumut.

“Saya rasa seluruh kontingen provinsi sudah siap. Pertandingan juga sudah berlangsung selama seminggu terakhir, tinggal beberapa cabang olahraga lagi yang akan bermain hingga 20 September,” ujar Dito.

Menpora Dito menambahkan bahwa seluruh venue untuk pertandingan sudah siap digunakan. “Secara fungsional, seluruh venue sudah 100 persen siap digunakan. Mungkin ada beberapa fasilitas pendukung yang masih dalam proses penyelesaian, tapi hal itu tidak berdampak pada pelaksanaan pertandingan,” jelasnya.

Mengenai pembukaan PON XXI yang akan berlangsung di Aceh, Menpora Dito memastikan akan ada konsep yang berbeda dan menarik. “Pembukaan kali ini akan mengangkat budaya dan kultur Aceh, serta tokoh-tokoh Aceh, yang dipadukan dengan teknologi modern dan juga khas Nusantara kita. Pastinya akan menjadi acara yang bagus dan kreatif,” imbuhnya.

Dengan optimisme yang tinggi, Menpora Dito Ariotedjo berharap seluruh rangkaian PON XXI Aceh-Sumut 2024 dapat berjalan lancar dan sukses, serta mengharumkan nama Indonesia di dunia olahraga.