PON 2024

NEWS

Tim Basket Putri Jakarta Melaju ke Final Usai Tekuk Jawa Barat

Minggu, 8 September 2024 | 00:00 WIB

Tim Basket Putri Jakarta Melaju ke Final Usai Tekuk Jawa Barat

Banda Aceh – DKI Jakarta menang atas Jawa Barat di laga semifinal Cabang Olahraga (Cabor) Basket Putri PON Ke-21 Aceh-Sumatra Utara (Sumut) 2024, dengan skor 66-58. Kemenangan ini memastikan DKI Jakarta mengantongi tiket ke partai final.

Laga kedua tim tersebut digelar di Gedung Olahraga (GOR) Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh, Aceh, Minggu (8/9/2024).

Maxine dan kawan-kawan mulai terlihat unggul sejak kuartet pertama pertandingan. DKI Jakarta terlihat memimpin dari Jawa Barat dengan skor 17-11. Keunggulan semakin terlihat di kuarter kedua, DKI Jakarta unggul 33-26.

Jawa Barat berupaya mengecilkan ketertinggalan menjadi 51-47 di kuarter ketiga. Namun, Jakarta tetap menguasai pertandingan hingga berakhirnya kuarter keempat dengan skor 66-58.

Pelatih Basket Putri DKI Jakarta, Abrizalt Hasiholan mengaku puas dengan penampilan Maxine dan kawan-kawan saat menghadapi Jawa Barat.

“Merasa puas, sebab game plan yang direncanakan mau dijalankan sama anak-anak,” kata Abrizalt, dalam konferensi pers.

Dia mengatakan anak asuhnya membutuhkan energi besar untuk menaklukan Jawa Barat dan melangkah ke babak final basket. Selain itu, Jenifer dan kawan-kawan, kata dia, terjadi beberapa miskomunikasi saat bermain sehingga sempat nyaris dikejar tim lawan.

Abrizalt mengaku melakukan sejumlah rotasi pemain untuk tetap menjaga gaya permainan dan mengambil momentum untuk menaklukkan Jawa Barat.

Pemain DKI Jakarta, Abby mengaku, mereka membutuhkan waktu dua tahun untuk bisa mencapai partai final basket putri PON. Latihan dilakukan tiga sampai empat kali dalam sepekan sebelum masuk ke pemusatan pelatihan.

Sementara itu, Maxine, mengatakan sempat merasa ada tekanan saat melawan Jawa Barat. Namun ia yakin bahwa dia dan tim datang bertanding untuk menang.

Pernyataan yang hampir sama juga disampaikan Jenifer. Ia mengaku sempat ada drama sebelum laga semifinal. Akan tetapi, dia dan kawan-kawan tetap bersemangat untuk meraih kemenangan.

“Alhamdulillah Tuhan memberikan kesempatan untuk masuk final,” kata Jenifer.

Pertandingan final basket putri rencananya akan digelar di Gedung Olahraga (GOR) Kompleks Stadion Harapan Bangsa, pada Selasa, 10 September 2024. Jeda waktu yang dimiliki akan dimanfaatkan untuk persiapan laga final.

“Yang pasti kita treatment dulu, mulai dari fisioterapi dan massage. Siapapun nanti lawan di final, kita lawan saja,” ujar Pelatih Basket Putri DKI Jakarta.