PON 2024

NEWS

22 Medali Emas Muaythai Diperebutkan di PON XXI, Empat Telah Teraih

Selasa, 10 September 2024 | 12:44 WIB

Pertandingan Muaythai PON di Balai Meuseraya Aceh, Senin (9/9/2024). Foto: MC PON Aceh/Irfan Habibi
PON XXI - Banda Aceh — Sebanyak 22 medali emas diperebutkan para atlet muaythai dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024. Namun, hingga saat ini sudah ada empat nomor yang berhasil meraih medali tersebut.

Hal ini diungkapkan Ketua Technical Delegate Pengurus Besar Muaythai Indonesia, Opniel Untung, Senin (9/9/2024).

“Di antaranya adalah aerobik putra, aerobik putri, boran putra, dan boran putri,” sebut Opniel.

Opniel menjelaskan bahwa sebanyak 18 medali emas yang belum diraih tersebut akan diperebutkan pada partai final yang akan berlangsung besok siang, Selasa (10/9/2024), pukul 13.00 WIB. Ia menambahkan, sejauh ini pertandingan muaythai di PON Aceh-Sumut sudah memasuki babak semifinal.

“Saat ini kita belum bisa merekap siapa saja yang masuk final, sebab pertandingan masih berlangsung,” ujarnya.

Opniel berharap muaythai Indonesia terus menunjukkan tren positif di kancah nasional maupun internasional. “Baik di pertandingan PON, maupun Olimpiade Los Angeles 2028,” tambahnya.

Opniel juga mengungkapkan optimisme terkait perkembangan muaythai di Indonesia, dengan merujuk pada keberhasilan atlet muaythai Indonesia tampil di Olimpiade Paris baru-baru ini.

“Ini menunjukkan muaythai Indonesia sudah berkembang,” kata Opniel.

Secara khusus, Opniel menyampaikan pesan kepada para atlet muaythai di Tanah Rencong—julukan Aceh. Ia berharap fasilitas yang sudah sangat lengkap dan memenuhi standar muaythai dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Pengurus dan semua pihak harus bekerja sama. Gunakanlah alat yang sudah cukup lengkap serta memenuhi standar itu, sehingga dapat mencetak atlet muaythai unggulan saat PON di NTB,” tutupnya.