PON 2024

NEWS

209 Atlet dari 32 Provinsi Siap Berlaga di Cabor Panahan PON XXI 2024 Aceh-Sumut

Kamis, 5 September 2024 | 00:00 WIB

209 Atlet dari 32 Provinsi Siap Berlaga di Cabor Panahan PON XXI 2024 Aceh-Sumut
PON XXI - Banda Aceh – Sebanyak 209 atlet akan bersaing pada cabang olahraga panahan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh – Sumatera Utara yang akan digelar di lapangan panahan komplek Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, 9 – 20 September 2024.

Ketua Umum Pengurus Provinsi Perkumpulan Panahan Indonesia (Pengprov Perpani) Aceh, Prof Dr Nyak Amir M.Pd menyebutkan, 209 atlet yang akan berlomba di PON berasal dari 32 provinsi dan dari Ibukota Nusantara  (IKN) yang mengutus dua atlet.

Nyak Amir mengatakan, pada PON XXI ini cabang memperlombakan divisi ronde nasional, compound dan recurve, yang memperebutkan 19 medali emas, 19 perak dan 19 perunggu.

“Pengprov Perpani Aceh sebagai tuan rumah sudah siap melaksanakan perlombaan panahan PON XXI, untuk bisa berjalan lancar dan sukses sebagaimana yang agendakan.

Saat ini, kata Nyaķ Amir, menjelang beberapa hari lagi pelaksanaan terus  memastikan dan menyiapkan berbagai kebutuhan perlengkapan dan peralatan lomba serta kesiapan panitia masing-masing bidang, perangkat perlombaan.

“Kita siap melaksanakan lomba panahan PON XXI, karena kita juga memiliki sumber daya manusia (SDM) yang siap dan sudah pengalaman melaksanakan event nasional dan internasional di Aceh,” ujarnya saat mem-briefing kesiapan panitia masing-masing bidang di lapangan panahan Lhong Raya, Rabu (4/9/2024) petang.

Sebutnya, sebelum perlombaan, lebih dulu dilakukan bimbingan tehnik (Bimtek) bagi panitia, perangkat perlombaan dan simulasi perlombaan serta uji lapangan pada 9 September.

Kecuali itu, Nyak Amir juga menyebutkan, tuan rumah Aceh pada PON XXI ini akan mengikuti semua perlombaan dengan menurunkan 18 pemanah yang terdiri dari 9 putra dan 9 putri.

“Para Panahan Aceh akan berusaha meraih minimal dua medali emas pada PON XXI yang ditargetkan KONI Aceh,” demikian Nyak Amir.