PON 2024

NEWS

Tim Aceh Menang Dramatis 2-1 atas Jabar, Amankan Juara Grup A Sepak Bola PON 2024

Rabu, 11 September 2024 | 00:00 WIB

Pemain Tim Aceh merayakan kemenangan setelah mencetak gol. Foto: MC PON Aceh/Munzir
PON XXI - BANDA ACEH – Tim Aceh berhasil mengalahkan tim Jawa Barat dengan skor 2-1 dalam laga pamungkas grup A cabang olahraga sepak bola putra Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Pertandingan yang berlangsung di Stadion H. Dimurthala Lampineung, Banda Aceh, Selasa (10/9/2024) malam ini, menjadi penentu juara grup.

Jawa Barat membuka keunggulan lebih dulu pada menit ke-13 melalui gol yang dicetak oleh pemain depan bernomor punggung 12, Marvin Nugraha Hilmansyah. Gol ini sempat membuat tuan rumah tertinggal 0-1.

Namun, hanya berselang tiga menit, Stadion H. Dimurthala bergemuruh ketika pemain Aceh bernomor punggung 30, Akmal Juanda, berhasil menyamakan kedudukan dengan tendangan keras yang menghujam gawang Jawa Barat. Gol ini membangkitkan semangat tim Aceh. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama usai, ketika wasit Hafiz Kurniatama dari Pekan Baru meniup peluit tanda turun minum.

Di babak kedua, tim Aceh terus menekan pertahanan Jawa Barat. Gol kemenangan Aceh tercipta pada menit ke-62 melalui Herdiansyah, memanfaatkan kemelut di depan gawang lawan. Setelah itu, Jawa Barat berusaha keras untuk menyamakan kedudukan, namun pertahanan kokoh Aceh membuat upaya tersebut sia-sia. Berbagai peluang yang diciptakan Jawa Barat tidak mampu dikonversi menjadi gol.

Kepala Pelatih Tim Sepak Bola PON Aceh, Rasiman, mengakui bahwa timnya sempat kecolongan di menit-menit awal pertandingan. “Banyak bola hilang dari penguasaan sehingga dimanfaatkan oleh tim Jabar. Namun setelah kita menyamakan kedudukan, ritme permainan mulai kita kuasai sehingga bisa mengontrol jalannya pertandingan dan menambah gol di babak kedua,” ujar Rasiman.

Rasiman mengungkapkan rasa syukur atas kemenangan ini dan berterima kasih kepada masyarakat Aceh yang terus memberikan dukungan. “Tentu kemenangan ini berkat kerja keras tim yang solid bermain hingga 90 menit,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Pelatih Tim Sepak Bola PON Jawa Barat, Didin Wahyudin, memberikan pujian atas pertahanan kokoh tim Aceh yang sulit ditembus. “Kita sudah berupaya mengambil inisiatif serangan. Ada beberapa peluang, namun kokohnya pertahanan tim Aceh membuat kita tidak mencetak gol,” katanya.

Kedua tim, Aceh dan Jawa Barat, telah memastikan diri lolos ke babak delapan besar. Aceh mengunci juara grup A dengan tiga kali kemenangan melawan Banten, Sulawesi Selatan, dan Jawa Barat. Sementara Jawa Barat menjadi runner-up dengan satu kali kemenangan melawan Banten, satu kali seri melawan Sulsel, dan satu kali kekalahan dari Aceh.