PON 2024

NEWS

Kontingen Aceh Tambah 27 Medali

Jumat, 13 September 2024 | 00:00 WIB

Atlet cabor Kurash peraih medali di PON XXI Aceh-Sumut 2024.
PON XXI - Banda Aceh – Kontingen Aceh sukses mengumpulkan 27 medali pada Kamis, 12 September 2024, terdiri dari 10 medali emas, 8 perak, dan 9 perunggu dari berbagai cabang olahraga.

Cabang olahraga Kurash menjadi penyumbang medali terbanyak dengan perolehan tiga medali emas.

Ketua Umum KONI Aceh, H. Kamaruddin Abubakar, menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan para atlet dalam meraih medali emas di berbagai cabang olahraga.

“Data yang kami terima, Aceh memperoleh 10 medali emas, 8 perak, dan 9 perunggu. Data ini hingga pukul 21.15 WIB, karena pada malam hari masih ada pertandingan seperti anggar dan lainnya,” ujar Abu Razak, sapaan akrab Kamaruddin Abubakar.

Lebih lanjut, Abu Razak menjelaskan bahwa perjuangan keras para atlet di berbagai venue telah menghasilkan 27 medali, yang terdiri dari 10 emas, 8 perak, dan 9 perunggu.

Perolehan 10 medali emas tersebut, menurut Abu Razak, berasal dari Kurash (3 emas), Petanque, Rugby, Sepatu Roda, Arung Jeram, Hapkido, Menembak, dan Selam, yang masing-masing menyumbang satu medali emas.

Sementara itu, delapan medali perak diperoleh dari cabang olahraga Taekwondo dan Biliar (masing-masing 2 perak), serta Arung Jeram, Layar, Anggar, dan Pencak Silat yang masing-masing menyumbang satu medali perak.

Untuk perunggu, sembilan medali berhasil diraih, dengan Pencak Silat menyumbang lima medali, dan Sepak Takraw, Taekwondo, serta Hapkido masing-masing satu medali perunggu.

Dengan tambahan medali ini, kontingen Aceh telah mengumpulkan 30 medali emas, 26 perak, dan 30 perunggu secara keseluruhan.

“Alhamdulillah, kita sangat bersyukur atas capaian para atlet. Saat ini, masih ada atlet kita yang berjuang menjaga marwah Aceh di bidang olahraga. Kami berharap doa dan dukungan dari masyarakat untuk kesuksesan mereka di lapangan,” tutup Abu Razak. []