PON 2024

NEWS

Tekuk NTT 1-0, Jatim Melaju ke Semi Final PON XXI

Sabtu, 14 September 2024 | 11:29 WIB

Gaudensius Ismau dari Nusa Tenggara Timur (kanan) mencoba menghadang Mukhammad Arya Pratama dari Jawa Timur (kiri) dalam pertandingan babak 8 besar grup D sepak bola putra PON Aceh-Sumut di Stadion H. Dimurtala, Banda Aceh, Jumat (13/9/2024). Nusa Tenggara Timur harus puas dengan kekalahan 0-1 dari Jawa Timur. MC PON XXI ACEH/Amanda Jufrian
PON XXI - Banda Aceh – Tim sepakbola Jawa Timur dipastikan mendapat satu tempat di babak semi final PON XXI Aceh-Sumut setelah mengalahkan Nusa Tenggara Timur (NTT ) 1-0 di Stadion H. Dimurthala, Lampineung, Banda Aceh, Jumat (13/9/2024) malam.

Gol tunggal kemenangan tim asuhan Fakhri Husaini ini dicetak Wigi Pratama di awal babak pertama, tepatnya pada menit ke-7. Gol berawal dari serangan balik dari sisi kanan lapangan dengan melewati beberapa pemain bawah lawan.

Setelah unggul, tim Jawa Timur lebih banyak menguasai bola di lapangan tengah dan menunggu NTT keluar dari zona pertahanannya. Sementara NTT, hingga akhir babak pertama tetap mengandalkan serangan balik untuk menyerang Jawa Timur.

Pada babak kedua, tensi pertandingan lebih panas daripada babak pertama. Jatim ingin menambah keunggulan, sementara NTT terus berusaha mengejar ketertinggalan.

Adu mulut antar pemain juga sempat beberapa kali terjadi di babak kedua ini. Namun, hingga akhir laga, tidak ada gol tambahan yang tercipta di pertandingan ini.

Pelatih Jawa Timur, Fakhri Husaini menyebut hasil kemenangan tersebut merupakan buah dari perjuangan pemain.

“Terima kasih kepada seluruh pemain yang sudah berjuang, kepada pendukun, masyarakat Jatim yang datang langsung ke Aceh, saya ucapkan terima kasih banyak atas pengorbanan waktunya,” kata Fakhri.

Mantan juru tak tik sepak bola Aceh di PON XX Papua itu menyebut saat ini tim akan fokus untuk menatap semi final menunggu pemenang antara Aceh vs Sulteng.

Pertandingan perempat final lainnya akan berlangsung pada Sabtu sore dan malam. Di antaranya pertemuan Sumatera Utara vs Jawa Barat jam 16.15 WIB dan Aceh vs Sulawesi Tengah pukul 20.15 WIB. [] (MC PON Aceh/Muhammad Fadhil)