PON 2024

NEWS

PON Expo Perkenalkan Produk UMKM Aceh di Tengah Perhelatan Olahraga se-Indonesia

Jumat, 13 September 2024 | 00:00 WIB

Pelaku UMKM sedang melayani pembeli. Foto: MC PON Aceh
PON XXI - BANDA ACEH – Pekan Olahraga Nasional (PON) Expo XXI yang digelar di Blang Padang, Banda Aceh, menjadi salah satu rangkaian acara penting yang mendukung perhelatan akbar olahraga se-Indonesia. Acara ini resmi dibuka pada 10 September 2024 oleh Pj Gubernur Aceh yang diwakili oleh Plh Sekda Aceh, Azwardi Abdullah, dan berlangsung hingga 18 September 2024.

PON Expo XXI diikuti oleh 240 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang memamerkan berbagai produk lokal khas Aceh. Pengunjung disuguhi dengan aneka kuliner, produk kerajinan tangan, dan berbagai inovasi kreatif dari pelaku UMKM Aceh.

Chantika, salah satu pelaku UMKM yang berpartisipasi, menyatakan kegembiraannya atas penyelenggaraan acara ini. Ia merasa sangat terbantu dengan adanya PON Expo XXI Aceh-Sumut 2024.

“Acara ini sangat membantu para pelaku UMKM seperti kami. Dengan adanya expo ini, penghasilan meningkat, dan masyarakat juga lebih tahu produk-produk UMKM lokal,” ungkap Chantika, Jum’at (13/9/2024).

Chantika juga menambahkan bahwa penghasilannya selama mengikuti expo yang sudah berlangsung selama empat hari ini jauh lebih baik dibandingkan hari-hari biasanya, berkat tingginya jumlah pengunjung.

Ia berharap, acara seperti ini akan terus diadakan oleh pemerintah. Terutama, ia mengapresiasi fasilitas booth yang disediakan tanpa biaya sewa.

“Jika nantinya ada expo lagi, kami berharap seandainya penyewaan booth tidak digratiskan, semoga harganya bisa lebih murah, karena ini sangat membantu,” tutupnya.