PON 2024

NEWS

Devy Atlet Jatim Rebut 2 Emas Terbang Layang

Sabtu, 14 September 2024 | 00:00 WIB

Devy Atlet Jatim saat menerima 2 Emas dari cabor Terbang. Layang. Foto: Humas Terbang Layang
PON XXI - Aceh Utara – Sebuah kejutan terjadi pada Sabtu pagi, 14 September 2024, di arena pertandingan cabang olahraga terbang layang PON XXI Aceh-Sumut.

Kejutan datang dari kontingen Jawa Timur, di mana salah satu atletnya, Devy, berhasil merebut dua medali emas sekaligus dalam waktu yang tidak berselang lama.

Medali emas pertama Devy diraih pada nomor lomba precision landing single seater putri. Sedangkan medali emas kedua didapat dari nomor lomba precision landing dual seater putri.

Prosesi penyerahan medali untuk kedua nomor lomba tersebut dilakukan beberapa saat setelah pertandingan pada Sabtu siang. Upacara Penghormatan Pemenang (UPP) di venue terbang layang Bandara Malikussaleh, Kabupaten Aceh Utara, turut dihadiri oleh Kepala Puspotdirga TNI AU, Marsma TNI Tyas Nurhadi, dan Komandan Lanud SIM Banda Aceh, Kolonel Penerbang Hantarno Edi Sasmoyo, M.Han.

Usai melakoni laga final pada Sabtu pagi, Devy sukses mengoleksi poin 1.957,97 pada nomor precision landing single seater putri. Dengan hasil tersebut, Devy memuncaki klasemen nilai di antara semua atlet dan berhak mengantongi medali emas.

Posisi kedua pada nomor tersebut diraih oleh atlet DKI Jakarta, Roro, yang mencatatkan nilai 1.953,78 dan mendapatkan medali perak. Sementara itu, atlet DKI Jakarta lainnya, Monica, meraih medali perunggu dengan nilai 1.943,45.

Pada nomor lomba lainnya, yakni precision landing dual seater putri, Devy kembali memuncaki klasemen dengan nilai 1.885,47 dan berhak atas medali emas. Medali perak pada nomor ini diraih oleh Mentari dari Papua Tengah dengan nilai 1.641,39, sementara medali perunggu diraih oleh Roro dari DKI Jakarta dengan nilai 984,33.

Pengalungan medali untuk para juara nomor precision landing single seater putri dilakukan oleh Kepala Puspotdirga TNI AU, Marsma TNI Tyas Nurhadi, didampingi oleh Technical Delegate cabang olahraga terbang layang, Prasetyo Herminto.

Sementara itu, medali untuk para pemenang nomor precision landing dual seater putri dikalungkan oleh Komandan Lanud SIM Banda Aceh, Kolonel Penerbang Hantarno Edi Sasmoyo, M.Han., didampingi oleh Ketua Panitia Pelaksana, Letkol Lek Farid Nazmi, S.T., M.M.Sc.

Hingga hari ke-9 pertandingan cabang olahraga terbang layang, sebanyak tujuh nomor lomba telah berhasil dipfinalkan. Masih tersisa tujuh nomor lomba yang akan dilanjutkan di lapangan. Cabang olahraga terbang layang mempertandingkan 14 nomor lomba dan memperebutkan 42 medali. Pertandingan ini dijadwalkan berlangsung hingga 19 September 2024. (Humas Terbang Layang)