PON 2024

NEWS

Pengunjung Padati Bandara Rembele Saksikan Cabor Gantole

Sabtu, 14 September 2024 | 00:00 WIB

Pengunjung yang menyaksikan para atlet berlaga pada Sabtu (14/09/2024).
PON XXI - BENER MERIAH | Memasuki hari ke-6 pelaksanaan Cabang Olahraga (Cabor) Gantole pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut, seribuan pengunjung terlihat antusias menyaksikan para atlet berlaga pada Sabtu (14/09/2024).

Cabor Gantole yang dilaksanakan di Bandara Rembele ini dipadati pengunjung yang tampak menyaksikan para atlet yang sedang berlaga di udara. Beberapa titik di sekitar Bandara Rembele menjadi tempat yang dipenuhi masyarakat untuk menyaksikan pertandingan Gantole, seperti di depan bandara, pedestrian Bener Meriah, dan di ujung runway dekat Homestay Rembele.

Nomor yang dipertandingkan pada cabor Gantole hari ini adalah Durasi Terbang Kelas A dan B, yang dimulai pada pukul 07.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Sementara itu, Anggi, salah satu penonton cabor Gantole, mengatakan, “Saya sangat menyukai olahraga Gantole karena menurut saya olahraga udara ini jarang sekali dilaksanakan, apalagi dalam event nasional PON, sudah pasti atletnya dari berbagai provinsi,” ujarnya.

Anggi menambahkan bahwa olahraga Gantole merupakan olahraga ekstrem yang tidak semua orang bisa melakukannya, karena tergolong olahraga yang sangat luar biasa serta dapat memacu adrenalin. “Harapan saya sebagai penikmat olahraga Gantole, semoga ke depannya Kabupaten Bener Meriah lebih sering mengadakan event-event seperti ini,” tutup Anggi.

Terpisah, Alga, seorang pengunjung dari wilayah tersebut, mengatakan, “Setelah selesainya ajang Kuda Pacu di Takengon kemarin lusa, kini kita beralih ke Bandara Rembele untuk menyaksikan cabang olahraga Gantole ini,” katanya.

Dia menilai kegiatan ini sangat menantang dan berbahaya, dan para atletnya sudah pasti merupakan orang-orang profesional. “Kami perkirakan jumlah pengunjung mencapai seribuan orang untuk menyaksikan Gantole ini,” sebutnya.

Alga juga menyebutkan bahwa kemungkinan pada hari Minggu, yang merupakan hari libur di daerah tersebut, jumlah pengunjung bisa bertambah, terutama setelah selesainya pacu kuda di Takengon. Karena cabor yang ada di Takengon, Bener Meriah ini, berlangsung hingga tanggal 18, informasi yang kami terima.

Dikatakannya lagi, “Pada kesempatan ini, kita bisa bersama keluarga untuk memahami apa itu PON dan bagaimana PON, karena mungkin dalam waktu 100 tahun ke depan belum tentu ada lagi event seperti ini, jadi ini kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu,” ujar Alga.

Alga berharap, “Untuk daerah Bener Meriah, sudah bagus dan mantap sebagai lokasi cabor Gantole. Mudah-mudahan Pemkab Bener Meriah ke depannya bisa terus memfasilitasi ajang bergengsi ini,” demikian kata Alga. (Ar/Diskominfo)