PON 2024

NEWS

Antusias Masyarakat Semarakkan PON Tinggi, Lokasi Cabor Dayung Membludak

Sabtu, 14 September 2024 | 00:00 WIB

Masyarakat menyaksikan semarak pertandingan cabor dayung. Foto: Riskazulfira

PON XXI - Banda Aceh – Animo masyarakat untuk menyaksikan kompetisi cabang olahraga dayung pada Pekan Olahraga Nasional XXI Aceh-Sumut sangat tinggi. Akses masuk ke venue yang berada di Waduk Keuliling Indrapuri, Aceh Besar, sempat mengalami kemacetan panjang pada Sabtu (14/09/2024).

Pantauan di lokasi menunjukkan bahwa ribuan masyarakat memadati arena pertandingan cabang dayung. Ratusan pelajar dari Aceh turut diboyong oleh pihak sekolah untuk mendukung atlet dayung yang sedang bertanding.

Keramaian tidak hanya terlihat di jalan raya, tetapi juga di sejumlah lapak mini dan pusat kuliner yang dipadati pengunjung.

Seorang warga asal Aceh Besar, Nia, yang turut menyaksikan pertandingan dayung yang diikuti oleh seluruh kontingen dari Indonesia, mengungkapkan bahwa ia baru sempat mengunjungi cabang olahraga ini saat libur akhir pekan. Menurutnya, animo masyarakat untuk menonton dayung melebihi ekspektasi.

Apalagi, PON ini merupakan event pertama yang diadakan di Aceh, sehingga antusiasme masyarakat Aceh sangat tinggi. “Tidak nyangka bakal seramai ini, dan saya baru pertama kali kesini saat PON,” kata Nia.

Nia juga menyampaikan bahwa cabang dayung merupakan cabang olahraga yang menarik untuk ditonton. Bahkan, di area venue tersedia berbagai kuliner yang dapat dinikmati. “Jadi bagi tamu PON, tak perlu khawatir. Di sini banyak kuliner yang dapat dicicipi sambil menonton atlet bertanding,” ujarnya.

Selain Nia, seorang siswa dari salah satu sekolah di Aceh Besar, Afi, turut diboyong ke venue Dayung Waduk Keuliling. Mereka diajak oleh guru untuk menyaksikan semarak pertandingan dayung PON. “Kami dari pagi sudah dibawa ke sini. Kami senang bisa melihat pertandingan dayung,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Pengurus Besar (PB) Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI), Brata Tryana Hardjosubroto, mengatakan bahwa jumlah penonton di cabang dayung mengalami kenaikan berkali-kali lipat dari hari-hari sebelumnya. “Hari ini sangat ramai, padahal cuaca sangat panas,” ucapnya.

Untuk itu, ia tetap meminta agar penonton tidak merokok di dalam arena pertandingan karena khawatir dapat mengganggu atlet. “Ini harus kita terus ingatkan,” katanya. (MC PON/Riskazulfira)