PON 2024

NEWS

Warga Aceh Padati venue Cabor Layar PON XXI Aceh-Sumut

Sabtu, 14 September 2024 | 00:00 WIB

Atlet layar di Venue PON Aceh. Foto: Humas KONI Aceh/Azin

PON XXI - Banda Aceh – Warga Banda Aceh memadati venue Cabor Layar PON XXI 2024 Aceh-Sumut yang berlangsung di Pantai Gampong Jawa, Banda Aceh, pada Sabtu (14/09/2024).

Dini hari ini, Cabor Layar Putri mempertandingkan lima kelas, yaitu Kelas INT 420, INT 470, ILCA Techno, IQ Foil, dan Kelas Optimist, yang diwakili oleh 14 provinsi se-Indonesia.

Salah seorang warga yang sedang menonton pertandingan Cabor Layar Putri di Pantai Gampong Jawa mengatakan bahwa Cabor ini (layar) penuh dengan tantangan dan sangat seru.

“Cabang layar ini harus dimainkan oleh orang-orang profesional, karena risikonya bisa terbawa arus dan dihempas gelombang,” kata Fani, seorang warga yang diminta komentarnya saat menyaksikan penurunan perahu layar di Gampong Jawa, Banda Aceh (14/09/2024).

Ia mengaku senang menyaksikan Cabor Layar Putri, mengingat olahraga layar tergolong jarang dimainkan di Aceh. “Asyik dan menyenangkan. Anak-anak juga senang melihat Cabor Layar, karena olahraga ini tergolong sangat jarang kita lihat di Aceh,” ujar Adi sambil menggendong anaknya.

Adapun Cabor Layar Putri dibagi menjadi empat area, yaitu:

  • Area Alpha: Kelas 420 diikuti oleh Aceh, Jatim, Kaltara, Kaltim, Kepri, dan Sulsel. Kelas 470 campuran diikuti oleh Aceh, Banten, DKI Jakarta, Kaltara, Kaltim, dan Sulsel.
  • Area Bravo: Kelas ILCA 4 diikuti oleh Aceh, Banten, DKI Jakarta, Kaltim, Papua, dan Sulsel. Kelas ILCA 6 diikuti oleh Aceh, Jatim, Kaltim, Kepri, Papua, dan Riau.
  • Area Charlie: Kelas Techno 293 diikuti oleh Aceh, Kaltim, DKI Jakarta, Jatim, dan Sulsel. Kelas 293 Plus Putri diikuti oleh Aceh, DKI Jakarta, Jabar, Jatim, dan Sulsel. Kelas IQ Foil Putri diikuti oleh Aceh, Banten, DKI Jakarta, Jatim, Kaltim, dan Sulsel.
  • Area Echo: Kelas Optimist Putri diikuti oleh Aceh, IKN, Jabar, Kaltim, Kepri, dan Sulsel. (MC PON/Irman Yusuf).