PON 2024

NEWS

DKI Jakarta Juara Umum Judo PON XXI 2024

Sabtu, 14 September 2024 | 22:30 WIB

DKI Jakarta Juara Umum Judo PON XXI 2024

PON XXI - Banda Aceh - Kontingen DKI Jakarta resmi menjadi juara umum cabang olahraga judo di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Gelar ini dipastikan setelah DKI Jakarta memenangkan medali emas di nomor beregu campuran, Sabtu (14/09/2024), di GOR Universitas Syiah Kuala.

Dengan meraih tujuh emas, tiga perak, dan empat perunggu, DKI Jakarta unggul dari pesaing terdekat, Jawa Barat. Kemenangan ini menjadi momen bersejarah bagi DKI Jakarta, yang terakhir kali meraih gelar juara umum judo di PON pada tahun 2004, dua dekade lalu.

Pelatih DKI Jakarta, Putu Armika, mengaku sangat bangga dengan pencapaian yang melebihi target awal mereka. "Kami menargetkan lima emas, tetapi berhasil meraih tujuh. Ini jauh lebih baik dibandingkan PON Papua lalu, saat kami hanya mendapatkan empat emas," ungkap Putu.

Pada final beregu campuran, DKI Jakarta mengalahkan Jawa Barat dengan skor 4-2. Gerard Christoper Pantouw memulai kemenangan DKI di kelas -90 kg dengan mengalahkan Septian. Meli menambah keunggulan di kelas -57 kg, sebelum Jawa Barat membalas melalui Dewa Kadek Rama di kelas -73 kg. Kemenangan DKI Jakarta dipastikan setelah Maryam March, yang tampil di Olimpiade, menumbangkan Mia di kelas +70 kg.