PON 2024

NEWS

DKI Jakarta Pimpin Klasemen Sementara, Persaingan PON XXI Aceh-Sumut 2024 Semakin ketat

Sabtu, 14 September 2024 | 22:30 WIB

DKI Jakarta Pimpin Klasemen Sementara, Persaingan PON XXI Aceh-Sumut 2024 Semakin ketat

PON XXI - Banda Aceh - Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON XXI Aceh-Sumut 2024, Mayjen TNI Purn Dr. Suwarno menjelaskan bahwa hingga saat ini, DKI Jakarta memimpin klasemen sementara PON XXI Aceh-Sumut 2024 dan persaingan pun semakin ketat.

Hal ini dijelaskan oleh Suwarno dalam konferensi pers, Sabtu (14/09/2024), di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh. Menuurutnya, hingga saat ini, DKI Jakarta memimpin klasemen sementara, diikuti oleh Jawa Barat di posisi kedua, dan Jawa Timur di peringkat ketiga. "Ketiga provinsi ini terus bersaing ketat, dan dengan banyaknya nomor pertandingan yang belum dipertandingkan, persaingan dipastikan akan semakin menarik," ujarnya.

Selain persaingan medali, salah satu sorotan utama PON XXI kali ini adalah pemecahan rekor nasional dan internasional, sehingga menunjukkan hasil positif dari pembinaan olahraga di Indonesia. Tercatat, lebih dari 37 rekor hingga saat ini yang telah dipecahkan di beberapa cabang olahraga, termasuk panjat tebing, selam kolam, angkat besi, dan atletik.

"Ini membuktikan bahwa pembinaan cabor berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang membanggakan," jelas Suwarno.

Secara rinci, panjat tebing mencatat empat rekor, selam kolam memecahkan 10 rekor, angkat besi meraih 11 rekor, atletik menambah 12 rekor, sementara cabang menembak juga mencetak rekor di beberapa nomor pertandingan.

Meskipun venue di Aceh dan Sumut telah memenuhi standar nasional dan internasional, beberapa perbaikan pada overlay masih dilakukan secara bertahap untuk memastikan kelancaran pertandingan. Kendala teknis dan cuaca, seperti angin dan hujan, diakui Suwarno sebagai tantangan yang dihadapi dalam beberapa cabang olahraga. Namun, berkat dukungan masyarakat setempat, masalah tersebut berhasil diatasi dengan baik.

Suwarno juga melaporkan bahwa lima cabang olahraga di Aceh dan tujuh di Sumut telah selesai dipertandingkan, sementara cabang-cabang lainnya akan selesai sesuai jadwal. "Kami optimistis pelaksanaan PON ini berjalan lancar dan para atlet dapat meraih prestasi yang lebih tinggi dengan menjunjung sportivitas," tutupnya.

PON XXI Aceh-Sumut 2024 terus menghadirkan momen-momen penting bagi dunia olahraga Indonesia, dengan pencapaian yang tak hanya mencakup medali, tetapi juga pemecahan rekor yang membanggakan.