PON 2024

NEWS

Anggar Jawa Tengah Raih Emas di Nomor Sabel Beregu Putra PON XXI

Sabtu, 14 September 2024 | 00:00 WIB

Tim anggar Jawa Tengah sedang bertanding dengan tima anggar Jawa Barat di Hall Anggar Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Sabtu (14/9/2024) malam. Foto: MC PON Aceh/Riska Zulfira
PON XXI - BANDA ACEH – Tim anggar Jawa Tengah berhasil meraih medali emas pada nomor sabel beregu putra dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Pertandingan yang berlangsung di Hall Anggar Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Sabtu (14/9/2024) malam tersebut berakhir dengan kemenangan Jawa Tengah atas Jawa Barat dengan skor 45-36.

Kemenangan ini memastikan tim Jawa Barat harus puas dengan medali perak. Sementara itu, tim Jawa Tengah yang terdiri dari Ichwan Zulkarnain, Muhammad Angga Maulana, Yulian Muhammad Adhitama, dan Yusuf Renaldi tampil solid sepanjang pertandingan.

Medali emas ini merupakan yang kedua bagi kontingen Jawa Tengah dari cabang olahraga anggar. Sebelumnya, Viston Kusuma Negara juga menyumbangkan emas bagi Jawa Tengah melalui nomor degen perorangan putra.

Di sisi lain, tim Jawa Barat yang diperkuat oleh Andry Satria Permana, M. Iqbal Jaelani Al Qusyeiri, Marvin Tri Sakti, dan Tivra Mikhael Simajuntak harus rela berada di posisi kedua setelah perjuangan mereka ditaklukkan oleh tim Jawa Tengah.

Pertandingan perebutan medali perunggu berlangsung antara Provinsi Aceh dan Riau, di mana tim Riau bertanding melawan Jawa Tengah, sedangkan tim Aceh berhadapan dengan Jawa Barat.

Viston, salah satu atlet andalan Jawa Tengah, mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaannya setelah meraih emas. “Emas ini saya persembahkan untuk orang tua, pelatih, dan seluruh masyarakat Jawa Tengah,” ujarnya.

Viston juga mengungkapkan bahwa dirinya telah mempersiapkan diri sejak enam bulan lalu untuk PON ini, dan meskipun ini merupakan PON pertamanya, ia berharap dapat terus mengikuti kejuaraan anggar serta menambah koleksi medali emas di masa mendatang.

Pada waktu yang sama, tim Jawa Tengah juga berhasil menambah satu medali perunggu melalui nomor floret beregu putri. Tim ini terdiri dari Dwi Wahyuningsih, Putri Faradillah, dan Tasya Alisya Sukarno Putri.

Dengan hasil ini, kontingen Jawa Tengah semakin memperkuat posisinya di cabang anggar PON XXI Aceh-Sumut 2024. [Riska Zulfira]