PON 2024

NEWS

Kalahkan Sumut, Jawa Barat Melaju ke Semifinal PON XXI

Sabtu, 14 September 2024 | 00:00 WIB

Pemain dari tim Jawa Barat dan pemain Sumatera Utara terlibat duel pada lanjutan babak perempat final PON XXI Aceh Sumut di Stadion H Dimurthala, Lampineung, Banda Aceh, Sabtu 14/9/2024. MC PON XXI ACEH/Oviyandi Emnur
PON XXI - BANDA ACEH – Tim sepak bola Jawa Barat melaju ke semi final PON XXI Aceh-Sumut 2024 setelah mengalahkan Sumatera Utara (Sumut) lewat drama adu penalti dengan skor 4-3 di Stadion H Dimurthala, Lampineung, Banda Aceh, Sabtu (14/9/2024) sore.

Drama adu penalti dilakukan setelah kedua tim bermain imbang dengan skor 1-1 di waktu normal. Atas hasil ini, Jawa Barat akan menghadapi tim pemenang di laga 8 besar lainnya di semi final nanti.

Laga antara Jawa Barat versus Sumut ketat. Kedua tim saling memperagakan permainan menyerang sejak menit pertama dimulai. Namun, sejumlah peluang yang diciptakan gagal dikonversi menjadi gol. Hingga babak pertama usai, tak ada gol yang tercipta.
Memasuki babak kedua, kedua tim mulai meningkatkan intensitas serangan. Striker kedua tim tampak beberapa kali mengancam gawang, sayangnya belum ada gol yang tercipta.

Sumut akhirnya memimpin 1-0 lewat gol Reza Anugrah Putra Lubis pada menit 53. Lubis mencetak gol melalui sundulan kepala setelah memanfaatkan umpan rekannya dari sektor kiri.
Keunggulan Sumut tak bertahan lama. Satu menit berselang, Jawa Barat menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol Muhammad Afif Fatoni. Afif mencetak gol lewat tendangan di luar kotak penalti.

Setelah itu, Sumut maupun Jabar masih terus saling menggempur pertahanan lawan. Namun, lemahnya penyelesaian akhir membuat tak ada gol yang tercipta hingga waktu normal berakhir.

Di babak ekstra time, kedua tim tetap mempertahankan intentitas serangan. Namun, sejumlah peluang yang tercipta masih saja gagal berbuah gol. Skor imbang bertahan hingga laga usai, hingga berlanjut adu penalti.

Dengan hasil ini, maka sudah 3 tim yang memastikan tiket lolos ke babak semi final, yaitu Kalsel, Jawa Timur dan Jawa Barat. Satu tiket tersisa akan diperebutkan oleh Aceh vs Sulawesi Tengah pada malam ini. [Muhammad Fadhil]