PON 2024

NEWS

Dimas Pratama Sumbang Medali Emas di Cabor Kurash untuk Aceh

Kamis, 12 September 2024 | 00:00 WIB

Ketua Umum Federasi Kurash Indonesia (Ferkushi), Mayjen TNI (Purn) Abdul HafilFuddin

PON XXI - ACEH BESAR – M Dimas Pratama berhasil menyumbang satu medali emas untuk Aceh dengan mencatat rekor juara di cabang olahraga (cabor) Kurash kelas +81 kg putra Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut. Pertandingan berlangsung di Gelanggang Kurash, Komplek Jantho Sport City (JSC), Kota Jantho, Aceh Besar, Kamis (12/9/2024).

Sementara itu, medali perak diraih oleh Muhammad Ridho dari DKI Jakarta. Medali perunggu disabet oleh Sofyan dari Sulawesi Selatan dan Armana Barus dari Sumatera Utara.

Di kelas -73 kg putra, atlet asal DKI Jakarta, Ananda Rizantha, berhasil merebut medali emas. Inggil Panembah Maranatha Tambunan dari Sumatera Utara mendapatkan medali perak, serta atlet Kalimantan Selatan, Gilang Perdana Putra, dan Desta Danu Arta dari Bali, masing-masing berhasil meraih medali perunggu.

Pada cabor Kurash kelas -48 kg putri, Savira Diah Fitri Rizkianti dari Jawa Timur berhasil merebut medali emas. Disusul Basira Anwar dari Kalimantan Timur yang mendapatkan perak, serta Friskila Putri Br Nadapdap dari Lampung dan Enci Ofrensi dari Banten, masing-masing meraih medali perunggu.

Di kelas -52 kg putri, atlet Kurash asal Kalimantan Timur, Ellyana Azahra, merebut emas, diikuti oleh atlet Jawa Timur, Eka Alfi Ana Santoso, yang meraih medali perak. Sementara itu, medali perunggu diraih masing-masing oleh atlet dari Jambi, Nur Zhahara, dan atlet Kurash provinsi Bengkulu, Widia Yusniar.

Selanjutnya, di kelas -57 kg putri, medali emas disabet oleh Mariha Salimah asal Provinsi Lampung, disusul oleh Nirsa asal Provinsi Sulawesi Selatan yang meraih medali perak. Sedangkan medali perunggu diraih masing-masing oleh atlet dari Bali, I Gusti Ayu Mas Melya Dewi, dan Amelia Agrippina dari Jawa Timur.

Atlet tuan rumah hingga hari kedua pertandingan Kurash telah mengumpulkan dua medali, yaitu medali perak di kelas -60 kg putra yang ditorehkan atlet Kurash Aceh, Muhammad Saif Ritonga, dan medali emas di kelas +81 kg yang direbut oleh M. Dimas Pratama.

Ketua Umum Federasi Kurash Indonesia (FERKUSHI), Mayjen TNI (Purn.) Abdul Hafil Fuddin, berharap agar para atlet tangguh di cabor Kurash ini dapat bertanding di ajang internasional.

“Kita doakan agar atlet Kurash bisa masuk Olimpiade, dan melalui pertandingan ini saya berharap dapat melahirkan atlet-atlet yang tangguh dan berkarakter,” ujarnya. []