PON 2024

NEWS

Tim Tripel Putri Pentaque Aceh Sabet Medali Emas Keempat di PON XXI

Minggu, 15 September 2024 | 00:00 WIB

Tim petanque Aceh foto bersama

PON XXI - Banda Aceh – Tim tripel putri pentaque Aceh kembali menunjukkan kejayaannya dengan meraih medali emas setelah mengalahkan tim tripel putri Jambi dengan skor 13-9 dalam pertandingan yang berlangsung di Lapangan Sport Center Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh, Minggu (15/9/2024).

Ini adalah medali emas keempat yang dipersembahkan Aceh dalam cabang olahraga pentaque pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Kemenangan kali ini diraih oleh tim tripel putri yang diperkuat oleh Kurnia Eliyanti, Rani Amelia, dan Nur Afni Ramadayanti.

Pertarungan kedua tim berlangsung sangat sengit, dengan kejar-mengejar skor terjadi di pertengahan permainan. Akhirnya, tim tripel putri pentaque Aceh berhasil menutup pertandingan dengan kemenangan 13-9, mengantarkan Aceh meraih medali emas, sementara Jambi mendapatkan medali perak.

Ridwansyah, pelatih tim pentaque Aceh, mengungkapkan rasa syukurnya atas kemenangan ini. Ia sangat bangga dengan pencapaian timnya yang telah menyumbang empat medali emas di cabang ini. Ridwansyah juga optimis dengan dua pertandingan final yang masih tersisa, berharap Aceh bisa menambah koleksi emas dan berpotensi menjadi juara umum di cabang pentaque.

“Ini adalah hasil yang kami harapkan. Meskipun tim putra kami hanya berhasil meraih perunggu, kami tetap menargetkan dua nomor final berikutnya untuk mendapatkan emas. Kami yakin tim putri kami akan membawa pulang emas dalam kelas tripel ini karena mereka sangat kuat di nomor beregu,” kata Ridwansyah.

Tim atlet pentaque Aceh telah mengikuti Training Camp (TC) yang diadakan oleh KONI sejak 2021 sebagai persiapan untuk PON Aceh-Sumut 2024. Ridwansyah berharap, ke depannya, para atlet Aceh dapat mewakili Indonesia di SEA Games Thailand 2025.

Pentaque, olahraga tradisional asal Prancis yang diperkenalkan di Aceh sejak 2015, telah banyak diikuti dalam berbagai event nasional dan internasional. Saat ini, Aceh masih memimpin klasemen cabang olahraga pentaque dengan total perolehan 4 medali emas, 2 medali perak, dan 3 medali perunggu. (MC/Fitri Juliana)