PON 2024

NEWS

Cabor Anggar Kembali Persembahkan Emas, Sekda: Selamat dan Terima Kasih

Minggu, 15 September 2024 | 00:00 WIB

Final Cabor Anggar nomor Floret Beregu Putra, antara Aceh Melawan Jabar dan sekaligus mengalungkan medali kepada pemenang
PON XXI - BANDA ACEH – Plh Sekretaris Daerah Aceh, Azwardi, mengucapkan selamat dan mengapresiasi perjuangan Tim Anggar Aceh nomor Floret Beregu Putra yang berhasil menundukkan Tim Anggar Provinsi Jawa Barat pada final yang digelar di Gelanggang Olahraga Anggar di kompleks Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya, Minggu (15/9/2024).

“Selamat kepada Tim Floret Beregu Putra atas raihan medali emasnya. Kami juga menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada tim, pelatih, dan seluruh official. Hasil hari ini merupakan buah dari kerja keras dan perjalanan panjang melalui berbagai latihan yang telah kalian lalui. Sekali lagi selamat,” ujar Sekda.

Pada kesempatan tersebut, Sekda juga mengaku salut dengan tingginya minat masyarakat menyaksikan pertandingan Anggar.

Pada PON XXI, Anggar menjadi salah satu cabang olahraga yang menarik minat penonton. Setiap pertandingan selalu dipadati penonton di GOR Anggar.

Seperti hari ini, suasana akhir pekan semakin membuat GOR Anggar penuh sesak. Sekda turut menyaksikan babak penyisihan cabang Anggar nomor Floret Beregu Putra dan final Degen Beregu Putri.

“Meski bukan olahraga populer, antusiasme masyarakat menyaksikan cabang Anggar sangat tinggi,” ujar Azwardi.

“Alhamdulillah, pada nomor Floret Beregu Putra, kita berhasil mencapai final dan menaklukkan Jabar untuk merebut medali emas. Selamat untuk Tim Anggar Aceh, para pendukung, dan masyarakat Aceh,” ucap Azwardi.

Jalannya Final Anggar Floret Beregu Putra

Zaidil Al Muqaddin pertama kali maju ke arena dan berhasil membuat Aceh memimpin 5-2 atas Jabar. Selanjutnya, Erwan Tona menambah poin menjadi 10-8. Aceh sempat tertinggal 11-13 saat Rio Aditia tampil. Rio benar-benar membuat jantung pendukung tuan rumah berdegup kencang.

Perlahan tapi pasti, dengan dukungan dari penonton, Rio berhasil membalik keadaan dan membuat Aceh unggul 14-13. Namun, Rio harus menjalani perawatan karena cedera di pergelangan kaki kirinya.

Pertandingan dilanjutkan oleh Zaidil Al Muqaddin melawan Christian Vieri. Sempat tertinggal 15-17, Zaidil memperkecil ketertinggalan menjadi 16-17.

Selanjutnya, Yudi Anggara Putra bertanding melawan Adi Selamat. Aksi Yudi berhasil membuat Aceh berbalik unggul 25-21.

Kemudian, Erwan Tona kembali masuk menghadapi Ihsan Ariesda Solhi. Aksi ciamik Tona dengan floret membuat Aceh memimpin jauh 30-24.

Jabar sempat beberapa kali memperkecil jarak, namun hingga pertandingan usai, Aceh memimpin 45-40.

Lima Poin Akhir yang Menegangkan

Babak akhir menjadi sangat menegangkan. Erwan Tona kembali melawan Adi Selamat di 3 menit terakhir. Sorak-sorai pendukung tuan rumah semakin menggema. Erwan Tona masuk ke arena dengan skor 40-32.

Jabar berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 40, namun kepercayaan diri Erwan Tona semakin tinggi berkat dukungan penonton yang memadati GOR Anggar.

Tona menutup usaha Jabar dengan poin akhir 45-40. Gemuruh sorak-sorai penonton menggema di GOR Anggar Kompleks Stadion Harapan Bangsa.

Babak final cabang Anggar nomor Floret Beregu Putra juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh, Nasir Syamaun, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum PB PON XXI wilayah Aceh dan Ketua Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Aceh.