PON 2024

NEWS

Dukung PON XXI, Relawan Aceh Bergerak Gelar Aksi Bersih Sampah di Venue Olahraga

Minggu, 15 September 2024 | 00:00 WIB

Aksi bersih sampah di Stadion H. Dimurthala, Banda Aceh, pada Minggu (15/09/2024).
PON XXI - Banda Aceh – Sejumlah relawan yang tergabung dalam Komunitas Aceh Bergerak menggelar aksi bersih sampah di Stadion H. Dimurthala, Banda Aceh, pada Minggu (15/09/2024).

Selain untuk mendukung kelancaran Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut XXI, aksi yang diprakarsai oleh Komunitas Aceh Bergerak ini juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan di area publik, terutama di venue-venue PON yang baru dibangun atau direnovasi.

“Aksi ini merupakan bentuk kolaborasi dengan semua elemen untuk menyadarkan tanggung jawab terhadap sampah,” ucap Eva Hazmaini, Ketua Komunitas Aceh Bergerak.

Aksi bersih-bersih ini juga menjadi bagian dari upaya menjaga kebersihan venue PON, yang selama perhelatan acara sering dipenuhi pengunjung.

Sementara itu, Ketua Aksi Bersih Maimun Fikri menyebutkan bahwa kegiatan tersebut merupakan usaha untuk menjaga venue-venue, baik yang baru dibangun maupun yang baru diperbaiki untuk PON.

Menurut Maimun, aksi bersih sampah ini sebelumnya juga telah mereka lakukan di Stadion Harapan Bangsa. Pihaknya bahkan menambah kantong-kantong sampah di venue-venue tersebut.

“Kami ingin menjaga venue-venue ini tetap bersih untuk generasi berikutnya. Meski sudah ada petugas kebersihan dari DLHK, kami sebagai relawan membantu meringankan tugas mereka dan memastikan area tetap bersih selama acara berlangsung,” jelas Maimun.