PON 2024

NEWS

Cabang Olahraga Tarung Derajat Resmi Dibuka, 22 Kontingen Siap Perebutkan 21 Medali Emas

Senin, 16 September 2024 | 00:00 WIB

Cabang olahraga Tarung Derajat pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut resmi dibuka oleh Pj Gubernur Aceh.
PON XXI - Banda Aceh – Cabang olahraga Tarung Derajat pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut resmi dibuka oleh Pj Gubernur Aceh, Dr. H. Safrizal ZA, M.Si, pada Senin (16/09/2024), di Balee Meuseuraya, Aceh.

Diikuti oleh 22 kontingen dengan total 197 atlet, cabor yang telah resmi dipertandingkan pada PON sejak tahun 2000 ini memperebutkan sebanyak 21 medali emas dalam berbagai kategori.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Aceh Safrizal mengajak masyarakat untuk memahami nilai-nilai yang terkandung dalam olahraga bela diri asli Indonesia ini.

Kata Safrizal, olahraga ini awalnya berkembang dari jalanan dan penuh dengan kontak fisik tanpa batasan. Namun, seiring waktu, olahraga ini tumbuh menjadi cabang bela diri yang penuh teknik dan disertai nilai-nilai moral yang tinggi.

Ia juga berharap, ke depannya Tarung Derajat dapat dipertandingkan di Olimpiade, mengingat olahraga ini adalah kebanggaan Indonesia yang terus berkembang.

Sementara itu, pendiri olahraga Tarung Derajat, H. Achmad Drajat atau lebih dikenal sebagai AA Boxer, yang turut hadir pada acara pembukaan cabang olahraga tersebut, memberi motivasi langsung kepada seluruh atlet sebelum mereka bertanding di arena.

“Jadilah petarung yang kuat,” pesannya kepada para atlet. Kemudian, AA Boxer juga mengingatkan bahwa mereka semua adalah bagian dari keluarga besar Tarung Derajat, yang harus saling mendukung dan membantu satu sama lain.