PON 2024

NEWS

Pertama Kali, Tim Rugby Aceh Raih Emas PON XXI Aceh-Sumut 2024

Kamis, 12 September 2024 | 00:00 WIB

Tim Rugby Aceh, Foto : Media Center PON
PON XXI - Banda Aceh – Aceh berhasil meraih medali emas di cabang olahraga (cabor) Rugby kategori X Rugby Putra setelah tim Aceh mengalahkan Kalimantan Timur (Kaltim) pada Kamis (12/7/2024) pukul 11:00 WIB di Lapangan Rugby Lambung, Meuraxa, Banda Aceh.

Emas tersebut merupakan medali pertama yang diraih Aceh dalam pagelaran PON.

Pada PON Papua 2021 lalu, Aceh hanya berhasil meraih medali perunggu.

Dalam laga tersebut, tim Rugby Aceh tampil dominan dan berhasil mengacak-acak pertahanan Kalimantan Timur. Gempuran tim Aceh beberapa kali coba dihadang oleh Kaltim, meskipun beberapa pemain sempat terkapar akibat benturan keras.

Anak asuh Septi Heriansyah ini berhasil mencetak poin secara maksimal. Laga yang berlangsung dalam dua babak tersebut berakhir dengan skor 34-22 untuk kemenangan Aceh.

Sedangkan Kalimantan Timur harus puas dengan medali perak, sementara medali perunggu diberikan secara bersama kepada Banten dan DI Yogyakarta.

Kapten Tim Aceh, Agustriawan, menyampaikan apresiasi atas perolehan emas tersebut kepada rakyat Aceh dan keluarga pemain yang telah memberikan dukungan. Ia mengungkapkan bahwa mereka telah bekerja keras dengan berlatih selama tiga tahun, sehingga hasil ini merupakan buah dari keringat dan kegigihan mereka.