PON 2024

NEWS

Jawa Timur dan Sulsel Sabet Emas Nomor Regu Putri dan Putra

Rabu, 11 September 2024 | 00:00 WIB

Upacara penyerahan medali yang dihelat di Gedung Idi Sport Center, Rabu (11/9/2024).
PON XXI - IDI RAYEUK — Tim sepak takraw Provinsi Jawa Timur dan Sulawesi Selatan berhasil menuntaskan pertandingan di nomor regu putra dan putri. Nomor regu bergengsi ini dipertandingkan sejak 8 hingga 11 September 2024 di Gedung Kebanggaan masyarakat Aceh Timur, Idi Sport Center.

Pada nomor regu putri, Jawa Timur berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan Sulawesi Selatan dengan skor 2-0. Sementara di lapangan 1, tim regu putra Sulawesi Selatan berhasil melibas Jawa Timur dengan skor 2-0. Pertandingan babak final ini berlangsung penuh dramatis.

Data yang dihimpun menunjukkan perolehan medali Cabang Sepak Takraw PON XXI Aceh–Sumut untuk Kelas Tim Regu Event Putra adalah sebagai berikut yaitu Medali Emas diperoleh Tim Regu Event Putra Provinsi Sulawesi Selatan, Medali Perak Tim Regu Event Putra Provinsi Jawa Timur, Medali Perunggu Tim Regu Event Putra Provinsi Sumatera Barat dan DKI Jakarta.

Sementara untuk nomor regu putri, perolehan medali yaitu Medali Emas Tim Regu Event Putri Provinsi Jawa Timur, Medali Perak Tim Regu Event Putri Provinsi Sulawesi Selatan, Medali Perunggu Tim Regu Event Putri Provinsi Riau dan Aceh.

Penyerahan medali kelas Tim Regu Putri Medali Perunggu kepada Aceh dan Riau diserahkan oleh Pj Bupati Aceh Timur, Amrullah M. Ridha, didampingi Ketua Panitia Pelaksana Pertandingan Cabang Takraw, Taufik.

Sementara itu, Penjabat Bupati Aceh Timur, Amrullah, usai mengalungkan medali, mengatakan bahwa pelaksanaan turnamen sepak takraw di ISC berjalan dengan lancar. Sebagai bentuk dukungan, Amrullah mengimbau masyarakat untuk melihat langsung dan meramaikan pelaksanaan PON Aceh-Sumut XXI.

“Karena mengingat ini adalah sejarah kita, Aceh menjadi tuan rumah selama PON Aceh-Sumut XXI berlangsung. Manfaatkan kesempatan ini agar momen-momen pertandingan ini tidak terlewatkan,” kata Amrullah.

Amrullah juga mengaku telah melaporkan kepada Pj Gubernur Aceh tentang torehan dua medali emas di kelas double putra-putri. Kepadanya, Gubernur mengaku telah menyiapkan bonus untuk para atlet yang telah menyabet emas, perak, dan perunggu. “Pak Pj Gubernur telah menyiapkan bonus itu,” timpal Amrullah.

Amrullah berharap kepada para atlet sepak takraw yang masih memburu sisa emas pada tiga nomor lagi agar tetap menjunjung tinggi sportifitas selama bertanding. “Seperti yang kita tahu, sepak takraw masih ada 3 nomor lagi yang dipertandingkan. Tentu kita sangat berharap sportivitas dikedepankan,” demikian tutup Amrullah.

Amatan di lapangan menunjukkan bahwa dua tribun GOR ISC Idi Rayeuk dipenuhi penonton dari kalangan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat, dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam wilayah Aceh Timur, serta masyarakat Aceh Timur.

Kondisi pertandingan final aman dan terkendali di bawah pengamanan tim keamanan dari Polri, TNI, dan Satpol PP Aceh Timur. Pertandingan sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut akan dilanjutkan kembali pada nomor Quadrad Event. (TMC Kabupaten Aceh Timur)