PON 2024

NEWS

INSPEKSI DAPUR: BPOM ACEH KAWAL MUTU MAKANAN ATLET PON

Kamis, 29 Agustus 2024 | 19:50 WIB

Tim BPOM Aceh melakukan inspeksi mutu makanan atlet PON / Foto:instagram bpom aceh

PON XXI - Lhokseumawe – Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Banda Aceh (BPOM) Banda Aceh, Yudi Noviandi, beserta tim melaksanakan inspeksi dapur (Kitchen Inspection), pada dua sarana penyedia makanan bagi atlet pada Selasa (27/08/2024). Kegiatan ini merupakan bagian dari dukungan BPOM Aceh dalam memastikan keamanan pangan siap saji selama pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara, yang akan berlangsung dari 8 hingga 20 September 2024 mendatang.

Dalam inspeksi tersebut, turut hadir perwakilan Panitia Besar PON dari Sub Bidang Keselamatan Kerja, Keamanan Pangan, dan Lindung Lingkungan, Ridhwan, serta perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe. BPOM perwakilan Banda Aceh fokus pada pemeriksaan higiene dan sanitasi sarana dapur, serta melakukan pengujian terhadap beberapa sampel pangan siap saji.

Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan peralatan uji cepat untuk mendeteksi bahan kimia berbahaya seperti nitrit, arsen, sianida, formalin, boraks, logam berat PB, dan pewarna berbahaya. Beberapa sampel makanan yang diuji meliputi daging rendang, telur balado, nasi putih, bakwan, sayur rebus, dan berbagai jenis kerupuk. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua sampel makanan memenuhi syarat keamanan dan bebas dari bahan berbahaya.

Dalam kunjungannya, Yudi Noviandi menegaskan bahwa inspeksi dapur ini merupakan langkah penting dalam memastikan keamanan dan mutu pangan bagi para atlet. "Kami berharap para penyedia makanan dan konsumsi dapat berkomitmen menjaga kualitas pangan yang diproduksi, sehingga para atlet dapat fokus bertanding dan menyukseskan penyelenggaraan PON ini," tutup Yudi.
#BPOMAceh
#BPOMRI
#PONXXIAcehSumut #KitchenInspection #PengawasanBPOM
#ppidbpomaceh