PON 2024

NEWS

Dimulai Hari Ini, Cabor Kempo Perebutkan 22 Medali Emas di PON Aceh-Sumut

Selasa, 17 September 2024 | 00:00 WIB

Atlet Kempo. Foto: Suparta
PON XXI - Banda Aceh – Ketua Umum Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (PERKEMI), Agus Setiadji, menyampaikan bahwa sebanyak 284 kenshi atau atlet yang terdiri dari 142 putra dan 142 putri akan memperebutkan 22 medali emas dalam cabang olahraga kempo. Cabor bela diri ini mulai dipertandingkan pada 17–20 September 2024 di GOR KONI Aceh.

“Artinya ada 22 nomor pertandingan yang akan berlangsung, di mana memperebutkan 22 medali emas, 22 medali perak, dan 22 medali perunggu,” ujar Agus di Banda Aceh, 17 September 2024.

Agus menyebutkan bahwa 25 provinsi akan bersaing memperebutkan medali di cabor kempo pada PON Aceh-Sumut. Sebelum bertanding, para atlet harus melewati babak kualifikasi yang diadakan tahun lalu di Surabaya, Jawa Timur.

Menurut Agus, PON Aceh-Sumut adalah ajang nasional yang digelar setiap empat tahun sekali. Namun, ajang ini juga harus menjadi persiapan bagi para atlet untuk kompetisi internasional pada tahun depan.

“Karena pada Februari 2025, kita akan melaksanakan International Shorinji Kempo Stage di Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, Technical Delegate Kempo PON XXI, Wartoyo, menjelaskan bahwa awalnya cabor bela diri ini direncanakan berlangsung di Kabupaten Pidie, Aceh. Namun, karena kondisi gedung yang belum siap, lokasi pertandingan dipindahkan ke GOR KONI Aceh di Banda Aceh.

“Kami siap bertanding di mana saja,” kata Wartoyo.

Wartoyo juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, khususnya KONI seluruh daerah, yang telah mendukung pelaksanaan pertandingan kempo. Ia berharap pertandingan akan berjalan lancar dan sukses tanpa hambatan. (MC PON ACEH/Irfan Habibi).