PON 2024

NEWS

Kominfo Pastikan Internet Ngebut dan Sinyal 5G Lancar untuk PON XXI 2024 di Aceh-Sumut

Kamis, 29 Agustus 2024 | 22:17 WIB

Kominfo Pastikan Internet Ngebut dan Sinyal 5G Lancar untuk PON XXI 2024 di Aceh-Sumut

PON XXI - Banda Aceh - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memastikan kesiapan jaringan telekomunikasi, termasuk sinyal layanan 5G berjalan dengan lancar untuk mendukung kesuksesan acara PON XXI 2024 di Aceh dan Sumatra Utara.

"Kami pastikan, terutama untuk akses internet seluler, semuanya akan berjalan lancar," kata Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Bambang Dwi Anggono, dalam media briefing daring mengenai Kesiapan Media Center PON XXI 2024, Kamis (29/08/2024).

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan bahwa operator telekomunikasi sedang bekerja sama dengan penyelenggara untuk memasang infrastruktur vital, termasuk jaringan fiber optik dan perangkat teknologi 4G serta 5G. Infrastruktur ini dipasang di seluruh venue PON berfokus pada area yang memerlukan penguatan sinyal.

Kementerian Kominfo, melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Ditjen PPI), telah melakukan pengukuran sinyal di berbagai lokasi pertandingan, terutama di luar ibu kota provinsi. Berdasarkan pengukuran tersebut, operator seluler telah merencanakan pemasangan perangkat pemancar mobile di seluruh lokasi yang memerlukan penguatan sinyal.

"Rata-rata, setiap operator seluler akan memasang sekitar 20 hingga 30 perangkat mobile penguat sinyal di lokasi yang membutuhkan," tambah Bambang.

Selain itu, Kementerian Kominfo juga bekerja sama dengan Dinas Kominfo dan Panitia Besar (PB) PON untuk memastikan media center PON XXI memiliki kapasitas bandwidth yang memadai. PON XXI, yang berlangsung pada 8-20 September 2024, akan dimulai di Aceh dan ditutup di Sumatra Utara dengan menghadirkan berbagai pertandingan olahraga multicabang tingkat nasional.

Sumber: https://www.antaranews.com/