PON 2024

NEWS

Jatim Juara Umum Muaythai, Aceh Peringkat Tiga

Rabu, 11 September 2024 | 00:00 WIB

Pertandingan Muaythai di Venue Balee Meuseuraya Aceh (BMA), Banda Aceh. Foto. MC PON Aceh.
PON XXI - Banda Aceh – Ketua Technical Delegate Pengurus Besar Muaythai Indonesia, Opniel Untung, menyatakan bahwa kontingen Jawa Timur (Jatim) berhasil menjadi juara umum cabang olahraga muaythai pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024. Posisi kedua diraih oleh Jawa Barat, sementara Aceh menempati peringkat ketiga.

“Jawa Timur mengumpulkan enam medali emas, sembilan medali perak, dan tiga medali perunggu,” kata Opniel di Banda Aceh, 10 September 2024.

Sementara itu, Jawa Barat memperoleh lima medali emas, satu medali perak, dan lima medali perunggu. Aceh sendiri berhasil mengantongi tiga medali emas, satu medali perak, dan tiga medali perunggu.

Opniel mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berkontribusi dalam menyukseskan pertandingan muaythai di PON XXI Aceh-Sumut, sehingga acara berjalan lancar tanpa kendala berarti.

Menurut Opniel, ada 22 medali emas yang diperebutkan dalam cabang olahraga muaythai kali ini. Ia berharap tren positif ini terus berlanjut, baik di kancah nasional maupun internasional, termasuk di Olimpiade Los Angeles 2028.

“Kemarin, ada atlet muaythai Indonesia yang tampil di Olimpiade Paris, ini menunjukkan perkembangan signifikan muaythai Indonesia,” ujarnya.

Opniel juga berpesan khusus untuk para atlet muaythai di Tanah Rencong, julukan Aceh, agar fasilitas yang sudah sangat memadai dan sesuai standar muaythai dimanfaatkan dengan baik.

“Pengurus dan semua pihak harus bekerja sama. Gunakanlah peralatan yang sudah lengkap tersebut agar lahir atlet-atlet muaythai berkualitas untuk PON berikutnya di NTB,” tutupnya. []