PON 2024

NEWS

Lifter Senior, Nurul Akmal Bawa Aceh Dapat Juara Umum Cabor Angkat Besi

Selasa, 10 September 2024 | 00:00 WIB

Nurul Akmal saat berlaga untuk memperebutkan emas cabor angkat besi kelas +87 kilogram. Foto. MC PON Aceh/Riska Zulfira
PON XXI - Banda Aceh – Lifter senior Nurul Akmal kembali mempersembahkan medali emas untuk Provinsi Aceh pada cabang olahraga angkat besi kelas +87 kilogram (kg) dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut XXI 2024. Kompetisi ini berlangsung di GOR Seuramoe, kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, pada Selasa, 10 September 2024.

Raihan emas ini menjadi yang keempat bagi Aceh di cabor angkat besi, menjadikan Aceh juara umum di cabang olahraga tersebut. Nurul Akmal berhasil membukukan total angkatan 248 kg, dengan rincian snatch 105 kg dan clean and jerk 143 kg. Prestasi ini juga memecahkan rekor baru PON untuk clean and jerk di angka 143 kg.

Akmal berhasil mengungguli dua pesaingnya, yakni Jihan Syafitri dari Jambi dengan total angkatan 225 kg dan Rizka Octaviana dari Kalimantan Barat dengan total angkatan 219 kg.

Pada PON Aceh-Sumut 2024, Nurul Akmal, yang akrab disapa Amel, menjadi wakil terakhir Provinsi Aceh yang berlaga, setelah 20 atlet lain dari Tanah Rencong sudah bertanding lebih dahulu. Dengan hasil ini, Aceh berhasil mengumpulkan empat medali emas di cabor angkat besi.

Amel menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pendukungnya. Menurutnya, raihan medali ini tak lepas dari dukungan keluarga, suami, dan masyarakat Aceh. Wanita 31 tahun ini berjanji akan terus berjuang untuk berlaga di tingkat nasional, Asia, dan internasional. Meski belum berhasil meraih medali di dua kali partisipasinya di Olimpiade, Amel menegaskan bahwa ia tidak akan menyerah.

“Saya tidak akan berhenti. Bahkan keluarga dan suami selalu mendukung, dan kami terus menargetkan emas,” ujarnya.

Sebelumnya, Nurul Akmal juga sukses mempersembahkan medali emas untuk Aceh pada PON XX 2021 di Papua di kelas +87 kg, serta di PON Jawa Barat. Sebagai atlet senior, Amel juga terus menyemangati para atlet muda di cabor angkat besi dan menekankan pentingnya fokus dalam latihan.

“Kalau main-main, jangan. Kita harus fokus untuk menang,” katanya.

Amel juga menargetkan untuk lolos sebagai atlet Olimpiade dan berharap dapat membawa medali untuk Indonesia. []