PON 2024

NEWS

Hari Ini, Aceh Berpeluang Menambah Dua Medali Emas di Cabor Tenis Lapangan

Kamis, 19 September 2024 | 00:00 WIB

Cylova Zuleyka,Petenis Tunggal Putri Aceh(Foto: MC PON ACEH/Firdaus)

PON XXI - Banda Aceh – Provinsi Aceh kembali berpeluang menambah medali emas pada Cabang Olahraga (Cabor) Tenis Lapangan di PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Cylova Zuleyka, yang turun di kategori Tunggal Putri, akan bertanding di partai final melawan petenis andalan Jawa Timur, Janice T. Jen, di lapangan tenis Kodam Iskandar Muda, Banda Aceh, Kamis, 19 September 2024.

Sebelumnya, Cylova tampil meyakinkan saat melawan petenis DKI Jakarta, Fitriani Sabatini, di partai semifinal. Petenis andalan Aceh tersebut mampu meladeni perlawanan sengit hingga tiga set. Pada set pertama, Cylova kalah 4-6, kemudian membalas pada set kedua dengan skor 6-4, lalu pada set ketiga, Cylova membalikkan keadaan dengan unggul 6-1 dan mengakhiri pertandingan dengan kemenangan untuk tuan rumah Aceh.

Tak hanya itu, peluang Aceh untuk menambah medali emas di kategori Ganda Campuran juga masih terbuka lebar. Duet Cylova Zuleyka dan Mohammad Gunawan akan tampil di partai semifinal hari ini. Keduanya akan berhadapan dengan David Agung Susanto dan Beatrice Gumulya dari Jawa Timur.

Jika menang melawan Jawa Timur, kategori Ganda Campuran Aceh dipastikan akan menambah satu medali lagi, baik emas atau perak. Perolehan ini akan mencatatkan sejarah baru bagi tim tenis Aceh dalam meraih medali emas di ajang olahraga paling bergengsi di Indonesia ini.

Untuk diketahui, Aceh berada di peringkat lima dalam klasemen perolehan medali sementara. Hingga Kamis pagi, 19 September 2024, Aceh telah memperoleh 146 medali, dengan rincian 55 medali emas, 41 medali perak, dan 50 medali perunggu. Jika sebelumnya Aceh sebagai tuan rumah menargetkan masuk 10 besar, maka tidak menutup kemungkinan Aceh meraih peringkat 5 dalam perolehan medali pada PON XXI Aceh-Sumut. (MC PON ACEH/Firdaus Hasan)