PON 2024

NEWS

Atlet Jabar Rebut Emas di Cabor Panjat Tebing Nomor Lead Tim Putri

Kamis, 19 September 2024 | 00:00 WIB

Foto bersama Kontingen Jawa Barat dengan medali emas di cabang olahraga (Cabor) Panjat Tebing kategori Lead Tim Putri pada Pekan Olahraga Nasional . Foto: MC PON ACEH Alfi Nora

PON XXI - Banda Aceh – Kontingen Jawa Barat berhasil merebut medali emas di cabang olahraga (Cabor) Panjat Tebing kategori Lead Tim Putri pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh–Sumut 2024.

Tim Jabar, yang terdiri dari Widia Fujiyanti, Maylav Azhillya Putrian, dan Mar’atus Sholeha Triana Putri, meraih poin 2,45 dalam pertandingan final yang berlangsung di Arena Panjat Tebing, Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, pada Rabu (18/9/2024) malam.

Sebelumnya, Widia Fujiyanti juga telah memperoleh emas di kategori Lead Perorangan Putri dan medali perunggu pada kategori Combined Mix bersama pasangannya, Bim Sigrid.

Medali perak diraih oleh Choirul Umi Cahyaning Ayub, Nur Ismatul Sakdia, dan Alma Ariella Tsany dari Jawa Timur dengan poin 3,06.

Sedangkan medali perunggu diraih oleh kontingen Jawa Tengah, yaitu Bhetari Toto Dharmawati, Nafatika Astuti, dan Najiha Zahra dengan skor 3,87.

Cabang olahraga panjat tebing pada PON XXI Aceh–Sumut mempertandingkan 16 nomor, dan 13 di antaranya telah mencapai final. Nomor-nomor tersebut termasuk combined (boulder and lead) perorangan putra dan putri, speed relay putra dan putri, combined (B&L) mix, dan speed world record (WR) perorangan putra dan putri. Selain itu, juga dipertandingkan boulder perorangan putra dan putri, lead perorangan putra dan putri, serta boulder tim putra dan lead tim putri.

Masih tersisa 3 nomor yang belum final dan akan dilaksanakan hari ini, yaitu Lead Tim Putra, Boulder Tim Putri, dan Speed Klasik Mix.

Pertandingan cabang olahraga panjat tebing PON XXI diikuti oleh 26 provinsi yang mengirimkan total 188 atlet, terdiri atas 103 atlet putra dan 85 atlet putri. (MC PON ACEH/ Alfi Nora).