PON 2024

NEWS

Atlet Panjat Tebing Aceh Raih Perunggu di PON XXI

Kamis, 19 September 2024 | 00:00 WIB

Atlet peraih medali cabor panjat tebing. Foto, MC PON Aceh Nora Alfi
PON XXI - BANDA ACEH – Atlet panjat tebing dari Aceh, Musauwir, Dani Syahfitra, dan Bintang Afrial Maulana berhasil mengharumkan nama daerah mereka dengan meraih medali perunggu di nomor lead tim putra pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara 2024.

Mereka mencatatkan poin 5.61 dalam babak final yang berlangsung di Arena Panjat Tebing, Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, pada Kamis (19/9/2024).

Perolehan medali ini menjadi satu-satunya medali yang diraih Aceh dari cabang olahraga panjat tebing selama kompetisi berlangsung dari tanggal 5 hingga 19 September 2024.

Medali emas untuk nomor ini berhasil diraih oleh tim dari Jawa Timur, yaitu Putra Tri Ramadhani, M Ryan Alfiandi, dan Yohanes Angle Rossy, yang mencatatkan poin 3.00. Sementara itu, kontingen Papua yang diwakili oleh Raviandi Ramadhan, Ravianto Ramadhan, dan Ahmad Faranza berhasil mendapatkan medali perak dengan skor 3.24.

Cabang olahraga panjat tebing pada PON XXI Aceh-Sumut 2024 mempertandingkan 16 nomor, termasuk combined (boulder dan lead) perorangan putra dan putri, speed relay putra dan putri, combined (B&L) mix, serta speed world record (WR) perorangan putra dan putri. Selain itu, nomor boulder dan lead perorangan maupun tim, serta speed klasik mix juga menjadi bagian dari kompetisi ini.

Sebanyak 26 provinsi mengirimkan atlet terbaiknya untuk bertanding di cabang olahraga ini, dengan total 188 atlet yang terdiri dari 103 atlet putra dan 85 atlet putri.

Medali perunggu yang diraih oleh Musauwir dan rekan-rekannya menjadi prestasi yang membanggakan bagi Aceh di ajang olahraga terbesar di Indonesia ini, sekaligus memberikan harapan untuk prestasi yang lebih baik di masa mendatang. [Alfi Nora]