PON 2024

NEWS

Jatim Tambah Koleksi Emas di Cabor Panjat Tebing Kategori Boulder Putri

Kamis, 19 September 2024 | 00:00 WIB

Peraih medali cabor panjat tebing putri. Foto: MC PON Aceh/Alfi Nora
PON XXI - BANDA ACEH – Kontingen Jawa Timur kembali memperkuat dominasinya di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 dengan menambah koleksi medali emas dari cabang olahraga panjat tebing dalam kategori Boulder Tim Putri.

Tim Jatim yang terdiri dari Alma Ariella Tsany, Amanda Narda Mutia, Kharisma Ragil Rakasiwi, dan Nur Ismatul Sakdia berhasil unggul dalam pertandingan final yang berlangsung di Arena Panjat Tebing, Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, pada Kamis (19/9/2024).

Tim panjat tebing Jatim yang dikenal sebagai “tim Spiderman” andalan mereka, berhasil mencatatkan skor impresif dengan 4 top dan 4 zone, dengan total 8 kali percobaan untuk mencapai top dan 5 kali percobaan untuk zone. Kinerja solid dan koordinasi yang baik antar anggota tim menjadi kunci keberhasilan mereka merebut medali emas.

Sementara itu, medali perak diraih oleh tim Jawa Tengah, yang diperkuat oleh Kirana Maharani Setyawan, Nafatika Astuti, Najiha Zahra, dan Desi Ratna Sari. Tim ini mencatatkan skor 3 top dan 4 zone, dengan 6 kali percobaan untuk setiap jalur.

Di posisi ketiga, tim DI Yogyakarta yang diwakili oleh Sukma Lintang Cahyani, Naura Jinan Syarifah, Taqiyya Nur Aziza, dan Amelia Windy Ariesta harus puas dengan medali perunggu. Mereka mencatatkan 2 top dan 4 zone, dengan 6 kali percobaan untuk top dan 18 kali percobaan untuk zone.

Kemenangan ini semakin mempertegas posisi Jawa Timur sebagai salah satu kontingen terkuat dalam cabang olahraga panjat tebing di PON XXI Aceh-Sumut 2024. [Alfi Nora]