PON 2024

NEWS

Borong Tujuh Emas, Jawa Timur Juara Umum Panjat Tebing

Kamis, 19 September 2024 | 00:00 WIB

Kontingen Jawa Timur. Foto: Saifullah
PON XXI - Banda Aceh – Jawa Timur menjadi juara umum Cabang Olahraga (Cabor) Panjat Tebing setelah mengoleksi tujuh medali emas. Peringkat selanjutnya ditempati oleh Jawa Barat dan Papua, sedangkan Aceh berada di posisi kesembilan.

“Juara umum panjat tebing adalah Jawa Timur, dengan meraih tujuh medali emas. Disusul oleh Jawa Barat dan Papua,” kata Technical Delegate Panjat Tebing PON Ke-21 Aceh-Sumut 2024, Florenciano Hendricus Mutter, kepada Media Center, Kamis (19/9/2024).

Florenciano menyampaikan bahwa Cabor Panjat Tebing diselenggarakan di Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, sejak 5 hingga 19 September 2024. Terdapat 16 nomor yang diperlombakan, yang diikuti oleh 26 provinsi.

Ia menjelaskan, meskipun pelaksanaan perlombaan sempat terganggu akibat cuaca ekstrem yang melanda Banda Aceh selama dua hari, semua nomor lomba berhasil diselesaikan tepat waktu.

Adapun klasemen perolehan medali di cabor panjat tebing adalah sebagai berikut: Jawa Timur 7 emas, 5 perak, dan 2 perunggu, dengan total medali 14. Posisi kedua ditempati oleh Jawa Tengah yang memperoleh 3 emas, 3 perak, dan 1 perunggu, dengan total medali 7.

Selanjutnya, peringkat ketiga ada Papua, yang meraih 2 emas, 3 perak, dan 1 perunggu, dengan total medali 6. Di posisi keempat, Jawa Barat meraih 2 emas, 1 perak, dan 3 perunggu, juga dengan total medali 6.

Peringkat kelima ditempati oleh Banten, dengan 1 emas, 1 perak, dan 0 perunggu, total medali 2. Keenam, Sumatra Utara, dengan 1 emas, 0 perak, dan 1 perunggu, juga dengan total medali 2.

Ketujuh ada Bali, yang meraih 0 emas, 2 perak, dan 0 perunggu, total medali 2. Kedelapan, DI Yogyakarta, dengan 0 emas, 1 perak, dan 4 perunggu, total medali 5.

Sementara itu, peringkat sembilan ditempati oleh sejumlah provinsi, mulai dari Aceh, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, hingga Sumatera Selatan. Mereka masing-masing hanya meraih satu perunggu.

Kontingen lain yang tidak mendapatkan medali berjumlah 14, di antaranya Bangka Belitung, Bengkulu, DKI Jakarta, Jambi, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah.

Selanjutnya, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Papua Tengah, Riau, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah. (Saifullah)