PON 2024

NEWS

Oleh-oleh Kopi Gayo Jadi Incaran Pengunjung PON XXI Aceh-Sumut

Jumat, 20 September 2024 | 00:00 WIB

Ilustrasi pengunjung PON XXI membeli kopi gayo di salah satu toko di Banda Aceh. Foto: Naufal Habibi/dialeksis.com.
PON XXI - BANDA ACEH – Kopi Gayo menjadi salah satu oleh-oleh yang banyak diburu oleh pengunjung Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut sebelum kembali ke kota asal mereka.

Salah satunya adalah Etsa, pendukung kontingen Jawa Timur. Sebelum pulang ke kampung halamannya pada Jumat siang, 20 September 2024, ia berencana mencari oleh-oleh khas Aceh.

Bersama teman-temannya, Etsa mengatakan akan membeli Kopi Gayo serta oleh-oleh khas Aceh lainnya. Tak lupa, ia juga berniat membeli merchandise PON XXI, seperti jersey.

Selain suvenir, Etsa yang mengaku baru pertama kali berkunjung ke Aceh, telah mencoba beberapa kuliner khas Aceh. Terakhir, ia menyebutkan telah mencicipi mie racing dan nasi goreng daging rusa.

“Untuk kuliner, kemarin saya makan mie badai (racing). Itu pertama kali saya mencoba makanan khas Aceh,” kata Etsa di Kompleks Stadion Harapan Bangsa (SHB), Banda Aceh, pada Kamis sore, 19 September 2024.

Menurut Etsa, rasa nasi goreng daging rusa di Aceh mirip dengan nasi kebuli yang ada di Jawa Timur, tetapi dengan bumbu rempah yang lebih kaya.

Sebelum meninggalkan Aceh pada Jumat pukul 14.00 WIB, Etsa juga berencana mengunjungi Masjid Raya Baiturrahman, salah satu ikon wisata religi di Banda Aceh. [] (MC PON Aceh/Ulfah).